PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN SISTEM STARTER DAN SISTEM PENGISIAN DI SMK TAMANSISWA YOGYAKARTA

Dedi, Marjani (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN SISTEM STARTER DAN SISTEM PENGISIAN DI SMK TAMANSISWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dedi Marjani - 05504244012.pdf

Download (45MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN SISTEM STARTER DAN SISTEM PENGISIAN DI SMK TAMANSISWA YOGYAKARTA Disusun Oleh: Dedi Marjani NIM. 05504244012 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran teori pada mata pelajaran sistem perbaikan sistem starter dan perbaikan sistem pengisian serta untuk mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran sistem starter sebagai media pembelajaran di SMK Tamansiswa Yogyakarta Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Penelitian dilaksanakan di SMK Tamansiswa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran sistem starter. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari; (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) pengembangan Produk; (4) uji validitas ahli; (5) revisi produk; (6) uji terbatas; (7) revisi produk; (8) uji kelompok kecil; (9) revisi produk; 10 uji kelompok besar; (11) produk akhir. Proses validasi dilakukan oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Untuk pengujian lapangan dilakukan dengan uji terbatas yaitu 2 orang guru pengampu, uji kelompok kecil dengan 10 siswa dan untuk uji kelompok besar dilakukan dengan 30 siswa. Pengumpulan data evaluasi formatif dilakukaan dengan menggunakan lembar penilaian untuk aspek isi materi, aspek kemanfaatan, aspek desain layar dan aspek pengoperasian program. Secara umum hasil dari pengujian masuk dalam kriteria baik sekali dengan perincian; (a) untuk kualitas materi yang divalidasi oleh ahli materi termasuk dalam kategori baik sekali dengan rerata 3,88 ; (b) kualitas media yang divalidasi oleh ahli media termasuk kategori baik sekali dengan rerata 3,75 ; (c) untuk hasil uji coba terbatas masuk dalam kriteria baik sekali dengan rerata 3,48 ; (d) untuk hasil uji coba kelompok kecil masuk dalam kriteria baik sekali dengan rerata 3,57 (e) untuk hasil uji coba kelompok besar masuk dalam kriteria baik sekali dengan rerata 3,45 dengan perincian; (a) aspek isi materi menunjukkan rerata penilaian 3,44 ; (b) aspek kemanfaatan menunjukkan rerata penilaian 3,48 ; (c) aspek desain layar menunjukkan rerata penilaian 3,45 ; (d) pengoperasian program menunjukkan rerata penilaian 3,43. Dari hasil tersebut maka media pembelajaran yang telah di buat sangat layak digunakan untuk pembelajaran. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, sistem manajemen mesin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Aug 2015 01:56
Last Modified: 30 Jan 2019 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25511

Actions (login required)

View Item View Item