PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT OFFICE POWERPOINT MENDESKRIPSIKAN GAMBAR TEKNIK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN

Dedi Irawan, Irawan (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT OFFICE POWERPOINT MENDESKRIPSIKAN GAMBAR TEKNIK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dedi Irawan-06503241008.pdf

Download (41MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT OFFICE POWERPOINT MENDESKRIPSIKAN GAMBAR TEKNIK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN Oleh: Dedi Irawan 06503241008 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangn media pembelajaran Microsoft Office Powerpoint untuk menunjang proses pembelajaran, serta mengetahui kelayakan produk berupa media pembelajaran Microsoft Office Powerpoint pada mata pelajaran Gambar Teknik, standar kompetensi membaca gambar teknik, kompetensi dasar medeskripsikan gambar teknik. Pengembangan media pembelajaran Microsoft Office Powerpoint ini terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) Tahap pendahuluan; (2) Tahap pengembangan produk; (3) Tahap uji coba produk; (4) Tahap distribution yaitu pembuatan master file serta dokumentasi system dalam bentuk CD (compact disk). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan menganalisis data-data kuantitatif hasil uji ahli, uji terbatas dan uji luas. Data kuantitatif yang berupa angka-angka hasil pengukuran dijumlahkan kemudian dibandingkan dengan jumlah yang diharapkan sehingga diperoleh persentase kelayakan. Hasil penelitian kelayakan media pembelajaran Microsoft Office Powerpoint pada mata pelajaran Gambar Teknik, standar kompetensi membaca gambar teknik, kompetensi dasar medeskripsikan gambar teknik adalah: (1) Persentase hasil penilaian ahli materi (Dosen FT UNY) diperoleh 81,94%; (2) Persentase hasil penilaian ahli materi (guru mata pelajaran) diperoleh 86,11%; (3) Persentase hasil penilaian ahli media diperoleh 94,44%; (4) Persentase hasil tanggapan pemakaian terbatas 1 diperoleh 81,05%; (5) Persentase hasil tanggapan pemakaian terbatas 2 diperoleh 77,03%; (6) persentase hasil tanggapan pemakaian lebih luas diperoleh 77,76%. Berdasarkan hasil penilaian para ahli dan tanggapan pemakaian yang diperoleh tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Microsoft Office Powerpoint pada mata pelajaran Gambar Teknik, standar kompetensi membaca gambar teknik, kompetensi dasar medeskripsikan gambar teknik sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media pembelajaran Microsoft Office Powerpoint

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Aug 2015 01:51
Last Modified: 30 Jan 2019 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25510

Actions (login required)

View Item View Item