PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC HEXAGON DAN HOP SCOTCH TERHADAP PENINGKATAN POWER TUNGKAI PESILAT TAPAKSUCI REMAJA KABUPATEN KLATEN

Ika Fitriyani (2015) PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC HEXAGON DAN HOP SCOTCH TERHADAP PENINGKATAN POWER TUNGKAI PESILAT TAPAKSUCI REMAJA KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Ika Fitriyani_08602241016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan bahwa Latihan Plyometric Lompat Hexagon dapat meningkatkan power tungkai pesilat Tapak Suci remaja; (2) membuktikan bahwa latihan Hop Scotch dapat meningkatkan Power Tungkai Pesilat Tapak Suci Remaja Kabupaten Klaten; (3) mengetahui lebih efektif mana antara latihan Plyometric Lompat Hexagon Dan Hop Scotch Terhadap Peningkatan Power Tungkai Pesilat Tapak Suci Remaja Kabupaten Klaten. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan 2 (dua) kelompok, dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “two groups pretest-posttest design”. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah atlet Tapak suci remaja Kabupaten Klaten. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 atlet yang diambil secara purposive sampling. Dengan ketentuan atlet dari perguruan tapaksuci yang berusia remaja dan bersedia menjadi sampel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) ada peningkatan pada latihan Plyometric Lompat Hexagon, peningkatan power tungkai pesilat yang ditunjukan nilai t hitung lebih besar dari t tabel dengan t hitung untuk pesilat putra 7,849 untuk pesilat putri 5,802 dan t tabel pesilat putra 2,132 pesilat putri 2,132 (2) ada peningkatan latihan Hop Scotch Terhadap Peningkatan Power Tungkai yang ditunjukan nilai t hitung lebih besar dari t tabel dengan nilai t hitung pesilat putra sebesar 6,477 pesilat putri 6,699 dan t tabel putra 2,132 putri 2,132 . (3) latihan plyometric hexagon lebih efektif daripada latihan plyometric hop scotch.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan Plyometric Hexagon, Hop Scotch, Power tungkai
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Aug 2015 07:33
Last Modified: 30 Jan 2019 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25506

Actions (login required)

View Item View Item