PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MELALUI CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN MATERI PERMAINAN BOLABASKET UNTUK KELAS X SMA/ SMK/ MA

Kusuma Dewi (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MELALUI CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN MATERI PERMAINAN BOLABASKET UNTUK KELAS X SMA/ SMK/ MA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Kusuma Dewi_11601244007_PJKR_FIK_UNY.PDF

Download (37MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan yang menghasilkan CD pembelajaran interaktif dengan materi Permainan bolabasket dilatar belakangi oleh hasil wawancara dengan beberapa guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan bahwa guru kurang kreatif dan inovatif dalam menyajikan media pembelajaran dan research yang dilakukan peneliti saat melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan serta saat mengajar bahwa peserta didik merasa bosan dengan hanya disajikan materi melalui media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan CD pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk kelas X SMA/ SMK/ MA materi permainan bolabasket yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan yang dikembangkan berdasarkan pendapat Sugiyono: pendahuluan, pengembangan desain, dan evaluasi produk. Setelah melalui tahap pendahuluan, dihasilkan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya, produk diujicobakan kepada peserta didik kelas X SMK Ma’arif 1 Temon melalui uji coba satu lawan satu dan uji coba kelompok besar. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil penelitian kualitas produk CD pembelajaran interaktif dan data kuantitaif diperoleh dari kuisioner yang diisi oleh ahli materi, ahli media, dan peserta didik. Hasil validasi produk oleh ahli materi adalah “sangat baik”, sedangkan oleh ahli media adalah “sangat baik”. Penilaian peserta didik secara keseluruhan adalah “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa CD pembelajaran interaktif yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk kelas X SMA/ SMK/ MA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, CD pembelajaran interaktif, permainan bolabasket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:11
Last Modified: 11 Mar 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25502

Actions (login required)

View Item View Item