PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTEK MENJAHIT DI SMP MUHAMMADYAH 3 DEPOK YOGYAKARTA

YENI, SWESTIASTUTI (2012) PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTEK MENJAHIT DI SMP MUHAMMADYAH 3 DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTATION OF STUDENTS’ PERCEPTIONS TO LEARNING PRACTICE OF SEWING IN THE VIII GRADER OF MUHAMMADIYAH 3 DEPOK JUNIOR HIGH SCHOOL YOGYAKARTA.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yeni Swestiastuti 08513242012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran praktek menjahitdi SMP Muhammadyah 3 Depok, 2) mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran praktek menjahit di SMP Muhammadyah 3 Depokditinjau dari tahap-tahap dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu: (a) persepsi siswa terhadap tahap perencanaan, (b) persepsi siswa terhadap tahap pelaksanaan dan (c) persepsi siswa terhadap tahap evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptip. Variable dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran praktek menjahit. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswi kelas VIII di SMP MUHAMMADYAH 3 DEPOK yang mengikuti pelaksanaan pembelajaran praktek menjahitdengan jumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Penentuan besarnya sampel menggunakan tabel kerjcie denagn taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh 48 siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert. Metode pengumpulan data dengan angket tertutup. Validitas instrument menggunakan validitas konstruk diujimenggunakan analisis butir dihitung dengan rumus korelasi Product moment yang menghasilkan 46 pernyataan valid dan 3 pernyataan gugur. Reliabilitas sebanyak 49 pernyataandihitung menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil 0,947. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran praktek menjahit di SMP MUHAMMADYAH 3 DEPOK termasuk pada kategori tinggi dengan mean 156,65 dan bila ditinjau dari persepsi siswa terhadap tahap perencanaan pembelajaran pada kategori tinggi dengan mean 14,15, persepsi siswa terhadap tahap pelaksanaan pembelajaran kategori tinggi dengan mean 117,23, dan persepsi siswa terhadap tahap evaluasi pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan mean25,27. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran praktek menjahit pelajaran muatan lokal siswi kelas VIII SMP MUHAMMADYAH 3 DEPOK dilaksanakan dengan perencanaan yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2012 02:19
Last Modified: 29 Jan 2019 15:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2550

Actions (login required)

View Item View Item