Sulistiyo Wibowo (2015) MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MERODA DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 SUMAMPIR KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
SKRIPSI Sulistiyo Wibowo_NIM 11601247055.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan penelitian adalah kreativitas dari guru kurang dalam hal masalah mengemas suatu bentuk model pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan bagi siswa. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pembelajaran senam lantai meroda dengan pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri 4 Sumampir Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga, yang meliputi: proses pembelajaran guru, hasil belajar siswa, dan minat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah Siswa Kelas V SD Negeri 4 Sumampir Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga yang berjumlah keseluruhan 26 siswa, terdiri dari 19 siswa putra dan 7 siswa putri. Instrumen penelitian, yaitu: Pengamatan Kinerja Guru, Rubrik Penilaian Kemampuan Meroda, dan Kuesioner Minat Siswa. Analisis data secara d eskriptif kuantitatif dengan persentase. Indikator keberhasilan, yaitu: Hasil pengamatan kinerja guru telah mendapatkan skor ≥ 31 dengan arti lain pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan sangat “baik” dan Hasil belajar siswa, proses pendekatan bermain, dan minat siswa, yaitu sebanyak 80 % dari total siswa dalam satu kelas telah mencapai kriteria “tuntas”. Hasil penelitian menunjukkan terbukti bahwa kenyataannya dalam keseluruhan sebanyak 4 kali pertemuan di dua siklus sudah dapat meningkatkan pembelajaran gerak dasar meroda, yaitu: (1) Proses pembelajaran guru dengan mendapatkan skor 38, sehingga telah sesuai dengan indikator keberhasilan, yaitu skor minimal ≥ 31dengan arti lain pelaksanaan pembelajaran guru berlangsung dengan “sangat baik”. (2) Hasil belajar gerak dasar meroda sebanyak 21 siswa dari keseluruhan 26 siswa atau sebesar 80,77% “tuntas” dalam mengikuti pembelajaran meroda dan sudah sesuai indikator keberhasilan, yaitu: KKM 75 dan minimal sebanyak 80% dari total siswa dalam satu kelas “Tuntas” masuk dalam kategori penilaian “baik” dan “sangat baik”. (3) Peningkatan minat siswa telah sesuai dengan indikator keberhasilan, yaitu minimal sebanyak 80% dari total siswa dalam satu kelas masuk dalam kategori penilaian “baik” dan “sangat baik”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Pembelajaran, Senam Lantai Meroda, Pendekatan, Bermain. |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 01:10 |
Last Modified: | 11 Mar 2019 02:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25496 |
Actions (login required)
View Item |