KEMAMPUAN DASAR PUKULAN SERVIS PANJANG DAN LOB DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA SISWA PUTRA SMP NEGERI 3 GOMBONG KEBUMEN YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS

Dedi Wardoyo (2015) KEMAMPUAN DASAR PUKULAN SERVIS PANJANG DAN LOB DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA SISWA PUTRA SMP NEGERI 3 GOMBONG KEBUMEN YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Teknik service dan pukulan lob merupakan teknik yang cukup penting dalam permainan bulutangkis. Siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis di sekolah diharapkan dapat meningkatkan prestasi keterampilan bermain bulutangkis khususnya teknik service dan pukulan lob. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan dasar pukulan service dan lob dalam ekstrakurikuer bulutangkis di SMP N 3 Gombong Kebumen. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Instrumen berupa tes dan pengukuran berupa Tes Long Service dan Clear Test. Subjek penelitian adalah ekstrakurikuer bulutangkis di SMP N 3 Gombong Kebumen sebanyak 30 anak. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan dasar pukulan servis panjang siswa putra SMP Negeri 3 Gombong Kebumen Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bulutangkis yang masuk dalam kategori sangat baik sebanyak 0 anak, kategori baik sebanyak 10 siswa atau sebesar 33,3 %, kategori cukup sebanyak 13 siswa atau sebesar 43,3 %, kategori kurang sebanyak 5 siswa atau sebesar 16,7 %, dan kategori sangat kurang sebanyak 2 siswa atau sebesar 6,7 %. Kemampuan dasar pukulan lob dalam permainan bulutangkis pada siswa putra SMP Negeri 3 Gombong Kebumen yang mengikuti ekstrakurikuler bulutangkis yang masuk dalam kategori sangat baik sebanyak 1 anak atau sebesar 3,3 %, kategori baik sebanyak 6 siswa atau sebesar 20 %, kategori cukup sebanyak 16 siswa atau sebesar 53,3 %, kategori kurang sebanyak 5 siswa atau sebesar 16,7 %, dan kategori sangat kurang sebanyak 2 siswa atau sebesar 6,7 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pukulan long service, pukulan lob, ekstrakurikuer bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:10
Last Modified: 11 Mar 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25489

Actions (login required)

View Item View Item