PENGARUH NET GAME TERHADAP KEMAMPUAN PASING ATAS PADA SISWA PUTRA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI 1 PACITAN

Muhammad Rico Dwicahyo (2015) PENGARUH NET GAME TERHADAP KEMAMPUAN PASING ATAS PADA SISWA PUTRA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI 1 PACITAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Muhammad Rico Dwicahyo.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan dasar bolavoli merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai, serta pembiasaan pola hidup sehat. Mempertimbangkan tingkat kemampuan siswa putra SMP Negeri 1 Pacitan dalam menerima materi latihan berbeda antara satu siswa dengan siswa yang lain, pelatih perlu mengembangkan metode dan variasi latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh net game terhadap kemampuan passing atas siswa putra peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Pacitan. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan rancangan Two Group Pre and Post Test Control Group Design karena menggunakan kelompok perlakuan dan kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang belajar menggunakan pembelajaran net game dan kelas kontrol yang belajar dengan menggunakan pembelajaran biasa. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap analisis statistik yaitu, analisis deskriptif variabel yang berskala kategorial dan variabel yang berskala kontinyu, kemudian analisis uji t atau t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data Ho ditolak dan Ha diterima, disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan passing atas dengan metode net game terhadap kemampuan passing atas siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Pacitan tahun 2013, diterima. Siswa yang mendapat latihan dengan model latihan net game sebagian besar merasa senang dan bersemangat. Frekuensi latihan yang terus berulang pada kedua model tersebut mampu membuat siswa terbiasa untuk melakukan passing atas, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa Ho ditolak karena t hitung lebih besar daripada t tabel, artinya latihan passing atas dengan metode net game berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan passing atas siswa putra yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Pacitan tahun 2013 dengan t hitung 3,129 > t tabel 1,333.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bolavoli, net game, pasing atas, ekstrakurikuler.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:10
Last Modified: 11 Mar 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25487

Actions (login required)

View Item View Item