PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA RITME DALAM PEMBELAJARAN MUSIK MELALUI PENERAPAN METODE TAKADIMI-ORFF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KINTELAN I YOGYAKARTA

Rahman, Habib Nur (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA RITME DALAM PEMBELAJARAN MUSIK MELALUI PENERAPAN METODE TAKADIMI-ORFF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KINTELAN I YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA RITME MELALUI METODE TAKADIMI-ORFF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca ritme musik siswa kelas IV SD Negeri Kintelan I Mergangsan Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca ritme musik siswa kelas IV melalui penerapan Metode Takadimi-Orff di SD Negeri Kintelan I Mergangsan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan desain putaran spiral, langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kintelan I Mergangsan Yogyakarta yang berjumlah 29 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan teknik kolaborasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Takadimi-Orff dapat meningkatkan kemampuan membaca ritme siswa kelas IV SD Negeri Kintelan I dalam pembelajaran musik. Hal ini dibuktikan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 siswa (51,72%) dengan rerata sebesar 63,17 (Cukup), mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 25 siswa (86,21%) yang tuntas belajar dengan rerata sebesar 79,31 (Baik). Penerapan pembelajaran ritme melalui metode Takadimi-Orff dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama yaitu imitasi, siswa menirukan ritme yang dicontohkan guru dan siswa lain. Tahap kedua yaitu eksplorasi, siswa mempraktikkan pola notasi ritme takadimi dengan dinamik keras-lembut dan tempo cepat-lambat serta menyesuaikan ritme dengan musik daerah yang sering didengar. Langkah-langkah yang diambil pada siklus II yaitu 1) media pembelajaran menggunakan botol bekas dan LCD-Powerpoint yang dilengkapi video lagu dan gambar, 2) pembentukan kelompok didasarkan pada hubungan kedekatan siswa satu dengan siswa lainnya, dan 3) pola ritme yang dihindari yaitu TA 0 DI MI, TA KA 0 MI dan TA 0 0 MI. Kata kunci: metode Takadimi,Orff, kemampuan membaca ritme, pembelajaran musik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Aug 2015 04:00
Last Modified: 30 Jan 2019 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25481

Actions (login required)

View Item View Item