MELUKIS BERSAMA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA SDN PUNDONG, SLEMAN

Fransisca, Sherly (2015) MELUKIS BERSAMA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA SDN PUNDONG, SLEMAN. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAS SHERLY FRANSISCA.PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode melukis bersama sebagai metode pembelajaran untuk meningkatkan sikap toleransi siswa kelas I di SDN Pundong, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Pundong, Sleman. Objek formal penelitian ini adalah sikap toleransi dan objek material penelitian ini adalah melukis bersama. Data diperoleh dengan teknik observasi yang dilaksanakan di Kelas I SDN Pundong, Sleman pada tanggal 6, 16, dan 21 Januari 2015 dengan menggunakan pedoman observasi, wawancara menggunakan kisi-kisi wawancara, dan dokumentasi secara tertulis dan gambar (video dan foto). Data dianalisis dengan teknik kompilasi dan memadukan data. Keabsahan data diperoleh melalui validitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melukis bersama yang diterapkan ada tiga jenis yaitu: (a) Melukis bersama dengan memadukan objek masing- masing siswa untuk menjadi suatu lukisan, (b) Melukis bersama dengan melengkapi gambar temannya untuk menjadi lukisan, (c) Melukis bersama dengan secara bergiliran antara kelompok kecil A (2 siswa) dan kelompok kecil B (2 siswa) untuk menjadi suatu lukisan. Metode melukis bersama dapat meningkatkan sikap toleransi siswa SDN Pundong, Sleman dengan cara siswa mau menerima teman sebagai kelompoknya dan siswa mau berpartisipasi melukis di dalam kelompoknya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: melukis bersama, metode pembelajaran, dan sikap toleransi
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 25 Aug 2015 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 02:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25475

Actions (login required)

View Item View Item