PENDEKATAN SAINTIFIK PENGENALAN BENTUK TANAMAN DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA KELOMPOK B TK PELANGI INDONESIA

Marsiti, - (2015) PENDEKATAN SAINTIFIK PENGENALAN BENTUK TANAMAN DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA KELOMPOK B TK PELANGI INDONESIA. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAS Marsiti.PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan saintifik terhadap pengenalan bentuk tanaman dalam pembelajaran seni rupa, khususnya pada kelompok B di TK Pelangi Indonesia. Penggunaan pendekatan saintifik memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal, memahami, mendapatkan, dan mengolah informasi melalui tahapan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jaringan dalam berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif partisipatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode: (1) observasi, untuk mengamati dan mencatat kemampuan peserta didik dalam pendekatan saintifik pengenalan bentuk tanaman; (2) wawancara, guna mendapatkan informasi langsung dari pihak yang terkait, dalam hal ini adalah pemilik yayasan dan pendidik kelompok B TK Pelangi Indonesia; (3) dokumentasi, yang terdiri dari foto dan hasil karya peserta didik kelompok B TK Pelangi Indonesia. Alat yang digunakan terdiri dari lembar acuan yang memuat hal-hal yang perlu peserta didik amati berkaitan dengan pokok permasalahan dan kamera. Keabsahan data diha,silkan melalui memperpanjang keterlibatan peneliti di lingkungan penelitian, pengamatan yang cermat atau secara terus-menerus, dan triangulasi data. Data dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik mampu memberikan pemahaman kepada peserta didik terhadap bentuk tanaman yang dipelajari. Kelompok besar peserta didik kelompok B TK Pelangi Indonesia dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan usia dan masa perkembangannya. Penelitian ini menggunakan RKH model pembelajaran kelompok dengan bidang pengembangan estetika. Kelompok 1, 2, dan 3 menunjukkan hasil pemahamannya dalam bentuk karya (gambar). Peserta didik dapat memahami sifat bentuk tanaman setelah mendapatkan pendekatan saintifik yang terlihat dari detail gambar pada hasil karya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Bentuk Tanaman, Pendekatan Saintifik, Anak Usia Dini.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 25 Aug 2015 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 02:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25474

Actions (login required)

View Item View Item