PENINGKATAN KEMAMPUAN DASAR PASSING BAWAH DENGAN BENTUK BERMAIN 3 LAWAN 3 PADA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

NURITA ROHMAH (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN DASAR PASSING BAWAH DENGAN BENTUK BERMAIN 3 LAWAN 3 PADA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Nurita Rohmah.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kurang bervariasinya bentuk latihan yang diterapkan guru atau pelatih menyebabkan kemampuan passing bawah pada siswa kurang. Untuk itu di buatkan suatu metode bentuk bermain guna mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan dasar passing bawah dengan pemberian bentuk bermain 3 lawan 3 pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu/tidak murni dengan desain penelitian one group pre-test and post-test design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Bolavoli di SMA Negeri 8 Yogyakarta, dengan jumlah 24 siswa. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrumen yang digunakan berupa Brumbach forearms pass-wall-volley test. Adapun skor diperoleh adalah banyaknya bola yang mengenai tembok dari hasil passing selama 1 menit. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t, melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil uji-t pada peningkatan kemampuan passing bawah diperoleh t hitung sebesar 7,944 lebih besar dari t tabel sebesar 2,500 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000. Ini berarti terdapat peningkatan yang signifikan teknik dasar passing bawah dengan pemberian bentuk bermain 3 lawan 3 pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Besarnya peningkatan dari latihan bentuk bermain 3 lawan 3 sebesar 28,153% dari selisih rerata pre test dengan post test adalah 5.29, kenaikan prosentasi dengan cara selisih rerata dibagi rerata pre test dikalikan 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan dasar passing bawah, bermain 3 lawan 3. Ekstrakurikuler, Bolavoli.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Aug 2015 03:59
Last Modified: 11 Mar 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25467

Actions (login required)

View Item View Item