PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN MAGELANG TERHADAP MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Arif Maollana Basari (2015) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN MAGELANG TERHADAP MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Arif Maollana Basari.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kabupaten Magelang selama ini dilakukan dengan praktek teknik gerakan oleh guru atau peserta didik. Akibatnya, peserta didik kurang memahami gerakan secara sistematis, sehingga banyak melakukan kesalahan. Media pembelajaran dapat membantu guru mempermudah penyampaian teknik gerakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Pertama se-Kabupaten Magelang terhadap media gambar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP seKabupaten Magelang yang berjumlah 118 orang dari 59 sekolah dengan sampel 30 orang yang diambil secara simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket, dengan uji validitas korelasi product moment pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil uji validitas menunjukkan 2 butir gugur dan 28 butir valid. Koefisiensi reliabilitasnya sebesar 0,973. Analisis data dilakukan melalui analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Pertama se-Kabupaten Magelang terhadap media gambar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sebagian besar berada pada kategori positif. Sebanyak 16 responden (53,33%) memiliki persepsi dalam kategori positif, 9 responden (30%) pada kategori cukup, dan 5 responden (16,67%) pada kategori negatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi guru, media gambar, pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Aug 2015 03:59
Last Modified: 11 Mar 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25459

Actions (login required)

View Item View Item