TINGKAT KELENTUKAN, KECEPATAN LARI, DAN KELINCAHAN SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SD NEGERI TRIDADI KECAMATAN SLEMAN KABUPATEN SLEMAN

Indar Sujoko (2015) TINGKAT KELENTUKAN, KECEPATAN LARI, DAN KELINCAHAN SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SD NEGERI TRIDADI KECAMATAN SLEMAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Indar Sujoko NIM. 13604227050.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya gerak aktif siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan penelitian untuk mengetahui besarnya tingkat kelentukan, kecepatan lari, dan kelincahan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SD Negeri Tridadi Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei dalam bentuk tes/ pengukuran. Populasi penelitaian sebanyak 38 siswa laki-laki kelas IV, V, dan VI SD Negeri Tridadi Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman. Instrumen penelitian adalah tes kelentukan (sit and reach), tes kecepatan (lari 40 meter), dan tes kelincahan (dogging run). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan pengukuran. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan Kelentukan Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga di SD Negeri Tridadi Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman adalah cukup dengan pertimbangan frekuensi terbanyak berada pada kategori cukup dengan 19 orang atau 50%. Kecepatan lari siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SD Negeri Tridadi Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman adalah cukup dengan pertimbangan frekuensi terbanyak berada pada kategori cukup dengan 21 orang atau 55,26%. Sedangkan tingkat kelincahan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SD Negeri Tridadi Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman adalah baik dengan pertimbangan frekuensi terbanyak berada pada kategori baik dengan 12 orang atau 31,58%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kelentukan, Kecepatan Lari, Kelincahan, Ekstrakurikuler Olahraga, Siswa SD.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Aug 2015 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 02:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25455

Actions (login required)

View Item View Item