HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI KELINCAHAN DAN KEMAMPUAN JUGGLING MENGGUNAKAN KAKI DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PESERTA SSB BINA PUTRA CEPU USIA 13-15 TAHUN

Rozi Nasrulloh Akbar (2015) HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI KELINCAHAN DAN KEMAMPUAN JUGGLING MENGGUNAKAN KAKI DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PESERTA SSB BINA PUTRA CEPU USIA 13-15 TAHUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Rozi 10601241024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menggiring bola peserta SSB Bina Putra Cepu Usia 13-15 tahun yang belum terlalu baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan menggiring bola siswa SSB Bina Putra Cepu usia 13-15 tahun yaitu kekuatan otot tungkai, kelincahan dan kemampuan juggling menggunakan kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot tungkai, kelincahan dan kemampuan juggling menggunakan kaki dengan kemampuan menggiring bola peserta SSB Bina Putra Cepu usia 1315 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, menggunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Subjek penelitian ini adalah pesertaSSB Bina Putra Cepu Usia 13-15 tahun yang berjumlah 17 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah leg dynamoneter (Ismaryati, 2011), dogging run (Ismaryati, 2011), tes juggling (Subagyo Irianto, 1995) dan soccer dribble test (Ismaryati, 2011). Teknik analisis yang digunakan yaitu korelasi ganda dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tidak ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai dengan kemampuan menggiring bola peserta SSB Bina Putra Cepu usia 13-15 tahun. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan kemampuan menggiring bola peserta SSB Bina Putra Cepu usia 13-15 tahun. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan juggling menggunakan kaki dengan kemampuan menggiring bola peserta SSB Bina Putra Cepu usia 13-15 tahun. (4) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai, kelincahan dan kemampuan juggling menggunakan kaki dengan kemampuan menggiring bola peserta SSB Bina Putra Cepu usia 13-15 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kekuatan otot tungkai, kelincahan, juggling, menggiring bola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Aug 2015 03:59
Last Modified: 11 Mar 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25451

Actions (login required)

View Item View Item