TINGKAT KETERAMPILAN DASAR MELEMPAR, MENANGKAP, DAN MEMUKUL BOLA KASTI PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI CARIKAN KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO

Bayu Oktavianto (2015) TINGKAT KETERAMPILAN DASAR MELEMPAR, MENANGKAP, DAN MEMUKUL BOLA KASTI PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI CARIKAN KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (38MB) | Preview

Abstract

Tingkat keterampilan dasar melempar, menangkap, dan memukul bola kasti SD Negeri Carikan, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo khususnya kelas IV dan V setelah dilakukan observasi hasilnya bervariasi. Maka dari itu perlu adanya pembuktian secara empiris dengan melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar melempar, menangkap, dan memukul bola kasti pada siswa kelas IV dan V SD Negeri Carikan, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV dan V SD Negeri Carikan, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes melempar, menangkap, dan memukul bola kasti modifikasi dari tes keterampilan bermain rounders oleh R.Sunardianta. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yang dituangkan dalam persentase. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah tingkat keterampilan keseluruhan melempar, menangkap, dan memukul bola kasti pada siswa kelas IV dan V dengan kategori “baik sekali” adalah sebanyak 6 siswa (21,4 %), kategorinya “baik” sebanyak 3 siswa (10,7 %), yang kategorinya “sedang” sebanyak 6 siswa (21,4 %), yang kategorinya “kurang” sebanyak 5 siswa (17,9 %), dan kategori “kurang sekali” sebanyak 8 siswa (28,6 %).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan dasar, melempar, menangkap, memukul, siswa SD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Aug 2015 01:14
Last Modified: 30 Jan 2019 02:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25432

Actions (login required)

View Item View Item