PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN DASAR KEKRIYAAN KELAS X.B PROGRAM KEAHLIAN DESAIN DAN PRODUKSI KRIYA KERAMIK DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Arrylia, Pamella Tri (2014) PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN DASAR KEKRIYAAN KELAS X.B PROGRAM KEAHLIAN DESAIN DAN PRODUKSI KRIYA KERAMIK DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pamella Tri Arrylia 10207241022.PDF

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan pendekatan scientific pada pembelajaran dasar kekriyaan kelas X.B Program Keahlian Desain dan Produksi Kriya keramik di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, datanya berupa katakata dan hasil tindakan yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas X.B Program Keahlian Desain dan Produksi Kriya Keramik yang melaksanakan pembelajaran dasar kekriyaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi, serta alat pendukung lain yaitu peralatan tulis-menulis, tape recorder, dan kamera foto. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa SMK Negri 5 Yogyakarta telah menerapkan kurikulum 2013 pada ajaran 2013/2014 untuk kelas X. Perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru adalah RPP sementara silabus disediakan oleh pemerintah pusat, namun dokumen silabus dan sistematika penyusunan RPP kurikulum 2013 tersebut didapat oleh guru setelah dua minggu semester genap berjalan. Materi yang diajarkan adalah gambar ornamen primitif dan ornamen modern. Hasil karya ornamen primitif dan modern peserta didik sangat baik. Semua peserta didik berhasil memenuhi KKM. Peserta didik mampu membuat ornamen dengan baik serta dapat mengembangkan kreativitas dalam menggambar ornamen. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific belum sepenuhnya dapat terlaksana dengan baik karena pelaksanaan pembelajaran belum sesuai dengan Lampiran IV Permendikbud No. 81a tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Kendala dalam mengimplementasi kurikulum 2013 adalah kurang pemahaman dan ketidaksiapan guru dikarenakan guru belum pernah mengikuti diklat kurikulum 2013 namun telah diwajibkan untuk melaksanakan pembelajaran dengan mengacu pada kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan scientific, pembelajaran dasar kekriyaan, keahlian desain, produksi kriya keramik
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: ?? fbs_kriya ??
Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 24 Aug 2015 01:56
Last Modified: 20 Sep 2023 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25431

Actions (login required)

View Item View Item