TINGKAT KREATIVITAS GURU PENJASORKES DALAM MENYIKAPIKETERBATASAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENJAS MELALUI MODIFIKASI DI SD SE-KECAMATAN PALIYAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Andi Suhawan (2015) TINGKAT KREATIVITAS GURU PENJASORKES DALAM MENYIKAPIKETERBATASAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENJAS MELALUI MODIFIKASI DI SD SE-KECAMATAN PALIYAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
ANDI SUHAWAN_11604224019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tuntutan terhadap kreativitas guru Penjasorkes dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran penjas sudah sepantasnya ditangani dengan baik dan benar. Penanganan yang benar adalah dengan cara melengkapi atau menambah sarana dan prasarana yang dirasa kurang. Salah satu usaha yang dilakukan oleh guru Penjasorkes adalah dengan memunculkan dan mengembangkan kreativitasnya untuk menciptakan pembelajaran yang baik dengan cara memodifikasi terhadap sarana dan prasarana tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kreativitas guru penjasorkes dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran melalui modifikasi di Sekolah Dasar se-Kecamatan Paliyan Kabupaten Gunungkidul. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode survai dengan teknik angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Paliyan Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah 21 sekolah dan subjeknya 21 guru penjasorkes. Instrumen yang digunakan yaitu menggunakan angket yang terdiri dari 35 butir pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kreativitas guru penjasorkes dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran penjas melalui modifikasi di Sekolah Dasar se-Kecamatan Paliyan berada pada kategori sedang. Dari 21 guru penjasorkes di SD se-Kecamatan Paliyan, kategori “Sangat Rendah” sebesar 4,76% (1 guru), kategori “Rendah” sebesar 19,05% (4 guru), kategori “Sedang” sebesar 47,62% (10 guru), kategori “Tinggi” sebesar 19,05% (4 guru), dan ketegori “Sangat Tinggi” sebesar 9,52% (2 guru).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, guru penjasorkes, modifikasi.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Aug 2015 01:15
Last Modified: 30 Jan 2019 02:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25423

Actions (login required)

View Item View Item