PEMAHAMAN GURU PENJAS TENTANG PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CEDERA OLAHRAGA DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SD SE KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2014 / 2015

Galih Muniage (2015) PEMAHAMAN GURU PENJAS TENTANG PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CEDERA OLAHRAGA DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SD SE KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2014 / 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Galih Muniage_11604224030.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman DIY belum maksimal dalam memberikan pertolongan pertama apabila terjadi kasus cedera saat pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru pendidikan jasmani sekolah dasar di Kecamatan Seyegan tentang pencegahan dan perawatan cedera dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data berupa tes soal pilihan ganda. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di UPT Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman DIY yang berjumlah 28 guru. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil   penelitian  menunjukkan bahwa; pemahaman guru pendidikan jasmani sekolah dasar di Kecamatan Seyegan tentang pencegahan dan perawatan cedera masuk dalam kategori-kategori .Dengan hasil secara umum sebagai berikut, kategori “kurang sekali” sebesar 14,29% (4 guru), kategori “kurang” sebesar 10,71% (3 guru), kategori “sedang” sebesar 46,43% (13 guru), kategori “baik” sebesar 21,43% (6 guru), dan ketegori “baik sekali” sebesar 7,14% (2 guru)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, pencegahan dan perawatan cedera, SD Negeri UPT Kecamatan Seyegan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Aug 2015 01:14
Last Modified: 30 Jan 2019 02:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25419

Actions (login required)

View Item View Item