PENGARUH LATIHAN PERMAINAN TARGET TERHADAP PASSING ATAS PADA SISWA PUTRA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP NEGERI 2 PIYUNGAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)

Linawati (2015) PENGARUH LATIHAN PERMAINAN TARGET TERHADAP PASSING ATAS PADA SISWA PUTRA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP NEGERI 2 PIYUNGAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penurunan prestasi tim bolavoli salah satunya disebabkan menurunnya kemampuan teknik bermain bolavoli khususnya pada kemampuan Passing atas. Kurangnya variasi metode latihan yang digunakan dalam peningkatan kemampuan Passing atas dalam ekstrakurikuler bolavoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan permainan target terhadap passing atas pada siswa putra peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 2 Piyungan bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu/tidak murni dengan desain penelitian one group pre test and post test design. Populasi penelitian ini dilakukan dengan subjek yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes ketrampilan passing atas untuk usia 13-15 tahun (Depdiknas, 1995). Perlakuan (treatment) adalah permainan target selama 16 kali pertemuan. Analisis data dalam penelitian ini yaitu uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis dengan uji-t, kemudian membandingkan hasil pre test dengan post test pada kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil uji statistik variabel diperoleh nilai uji-t antara pre test dan post test pengaruh latihan permainan target terhadap passing atas, yang memiliki nilai t hitung -6.366, t tabel 2.060 (df = 25) pada taraf signifikansi 5%, karena t hitung lebih besar dari t-tabel maka ada perbedaan yang signifikan. Dilihat dari nilai rata-rata, maka diperoleh nilai rata-rata pre test = 39.04 dan nilai rata-rata post test = 42.54, karena nilai rata-rata post test lebih besar dari nilai ratarata pre test, maka pengaruh latihan permaianan target terhadap passing atas sebesar = 3.50 atau 8.96 %. .

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Passing Atas, Latihan Permainan Target, Ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Aug 2015 01:14
Last Modified: 11 Mar 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25416

Actions (login required)

View Item View Item