CITRA TOKOH UTAMA PEREMPUAN DAN KETIDAKADILAN GENDER DALAM ROMAN LEYLA KARYA FERIDUN ZAIMOGLU: ANALISIS KRITIK SASTRA FEMINIS

Septilina, Priza Adhe (2013) CITRA TOKOH UTAMA PEREMPUAN DAN KETIDAKADILAN GENDER DALAM ROMAN LEYLA KARYA FERIDUN ZAIMOGLU: ANALISIS KRITIK SASTRA FEMINIS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Priza Adhe Septilina 08203244009.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan,(1) citra tokoh utama perempuan dalam roman Leyla karya Feridun Zaimoglu (2) ketidakadilan gender yang dialami tokoh utama perempuan dalam roman Leyla karya Feridun Zaimoglu. Objek penelitian ini adalah roman Leyla karya Feridun Zaimoglu yang diterbitkan oleh Kiepenheuer & Witschpada tahun 2006. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca-catat. Validitas penelitian adalah validitas semantik dan expert-judgment, sedangkan reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas intrarater dan reliabilitas interrater. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah 1) Citra tokoh utama perempuan dalam roman Leyla karya Feridun Zaimoglu meliputi, Leyla dicitrakan sebagai perempuan yang anggun, cantik, rapi, dewasa, subur, selalu menjaga penampilannya, kreatif, lebih cepat dalam berpikir, rasional, berprinsip, cerdas, bertekad kuat, optimis, tegas, mudah terharu, sering cemas, sering kecewa, keibuan, penyayang, peduli, introver, lemah, merasa putus asa, merasa sedih, naif, merasa trauma, merasa depresi, rendah hati, tabah, jujur, tradisional, setia, pekerja keras, rajin, emosional, acuh tak acuh, sering berprasangka buruk, keras kepala, pencemburu, peran sebagai anak, sebagai ibu, sebagai istri, sebagai saudara (adik), sebagai menantu, sebagai sahabat, dan sebagai sesama manusia. 2) Ketidakadilan gender yang dialami tokoh utama perempuan dalam roman Leyla karya Feridun Zaimoglu, meliputi usaha membatasi Leyla untuk menikah, berteman dengan laki-laki, bepergian dan bersekolah, Leyla dianggap hina, rendah, tidak berguna dan bodoh, Leyla digambarkan sebagai ibu rumah tangga yang bodoh, dan tidak bisa dipercaya, pemukulan, hinaan, dan pemberian beban kerja ganda pada Leyla.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: citra tokoh utama perempuan, ketidakadilan gender, roman leyla, kritik sastra feminis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 03:37
Last Modified: 30 Jan 2019 02:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25408

Actions (login required)

View Item View Item