KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR GARIS (SKETSA) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 WEDI KLATEN

Andriyani, Novita (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR GARIS (SKETSA) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 WEDI KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Novita Andriyani 08203244026.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) signifikansi perbedaan keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Wedi Klaten, antara yang diajar dengan menggunakan media Gambar Garis (Sketsa) dan yang diajar dengan media konvensional, (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Gambar Garis (sketsa) dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Wedi Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain eksperimen Pre-test Post-test Control Group. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas (X) berupa penggunaan media Gambar Garis (sketsa) dan variabel terikat (Y) berupa keterampilan menulis bahasa Jerman. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Wedi Klaten. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 121 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling diperoleh kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 peserta didik dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 peserta didik. Jumlah anggota sampel adalah 52 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan menulis. Validitas pada penelitian menggunakan validitas isi serta validitas konstruk. Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach (rtt) = 0, 848. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data dengan uji-t menghasilkan nilai thitung (th) sebesar 5,159 dan nilai ttabel (tt) sebesar 2,000 dengan taraf signifikansi (α) 0,05 dan df sebesar 50. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung (th) lebih besar dari nilai ttabel (tt) yang berarti menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata akhir peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 70,6400 lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 66,0370. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Wedi Klaten yang diajar dengan menggunakan media Gambar garis (sketsa) lebih baik dibandingkan kelompok yang diajar dengan menggunakan media konvensional, dengan nilai keefektifan 6,94%. Jadi penggunaan media Gambar garis (sketsa) lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, media gambar garis, sketsa, keterampilan menulis bahasa jerman, SMA negeri 1 wedi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 03:31
Last Modified: 30 Jan 2019 02:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25406

Actions (login required)

View Item View Item