KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN STRUKTUR KALIMAT BAHASA JERMAN DI SMAN 1 NGEMPLAK SLEMAN

Masruri (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN STRUKTUR KALIMAT BAHASA JERMAN DI SMAN 1 NGEMPLAK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Masruri 07203244037.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar penguasaan struktur kalimat bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman antara kelas yang diajar dengan menggunakan media Power Point dan kelas yang diajar dengan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan Power Point dalam pembelajaran struktur kalimat bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel terikat (X) berupa penggunaan media Power Point dan variabel bebas (Y) yaitu penguasaan struktur kalimat bahasa Jerman. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman yang berjumlah 87 orang. Sampel diambil dengan menggunakan Simple Random Sampling, diperoleh dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 yang berjumlah 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan tes penguasaan struktur kalimat. Uji validitas dihitung dengan uji Product Moment. Hasilnya adalah dari 50 soal terdapat 41 soal yang valid dan 9 soal yang gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20, dengan koefisien korelasi sebesar 0,920. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung 4,548 lebih besar dari t tabel 2,00 dengan taraf signifikansi (α) = 0,5 dengan db = 52. Hal ini menunjukkan nilai thitung (th) lebih besar dari nilai t tabel (tt) yang berarti menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan struktur kalimat bahasa Jerman antara peserta didik kelas eksperimen dan peserta didik kelas kontrol. Nilai rata-rata akhir peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 33,40 lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 29,60. Hal ini berarti bahwa penggunaan Power Point dalam pembelajaran struktur kalimat bahasa Jerman lebih efektif dari pada penggunaan media konvensional dengan bobot keefektifan sebesar 14,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, media power point, struktur kalimat bahasa jerman, SMAN 1 ngemplak
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 03:18
Last Modified: 30 Jan 2019 02:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25399

Actions (login required)

View Item View Item