KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN SMA NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN

Yuliani, Laila (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN SMA NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laila Yuliani 09203244035.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan teknik Two Stay Two Stray dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Minggir Sleman. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan design pre-test post-test control group. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu teknik Two Stay Two Stray sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Minggir. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling diperoleh kelas X 2 sebagai kelas eksperimen ( 31 peserta didik ) dan kelas X 1 sebagai kelas kontrol ( 30 peserta didik ). Jumlah sampel keseluruhan adalah 61 peserta didik. Pengambilan data menggunakan tes kemampuan membaca. Validitas instrument terdiri atas validitas isi dan validitas konstruk. Uji validitas dihitung dengan rumus Korelasi Product Moment. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dari 50 soal sebanyak 42 soal valid dan 8 dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,933. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 3,237 lebih besar dari ttabel 2,000 pada taraf sinifikansi α= 0,05. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 35,571 lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 32,807. Bobot keefektifannya adalah 9,07%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Two Stay Two Stray dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan teknik konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan teknik Two Stay Two Stray dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, teknik two stay two stray, membaca bahasa jerman, SMA negeri 1 minggir
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 03:11
Last Modified: 30 Jan 2019 02:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25397

Actions (login required)

View Item View Item