VERBA REFLEKSIF BAHASA JERMAN DALAM ROMAN TRӒUME WOHNEN ÜBERALL KARYA CAROLIN PHILIPPS DAN PADANANNYA DALAM BAHASA INDONESIA DALAM ROMAN MIMPI SELALU INDAH

Lukiyanti, Ira (2013) VERBA REFLEKSIF BAHASA JERMAN DALAM ROMAN TRӒUME WOHNEN ÜBERALL KARYA CAROLIN PHILIPPS DAN PADANANNYA DALAM BAHASA INDONESIA DALAM ROMAN MIMPI SELALU INDAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ira Lukiyanti 09203241017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bentuk verba refleksif bahasa Jerman dalam roman Trӓume Wohnen Überall dan padanannya dalam bahasa Indonesia dalam roman Mimpi Selalu Indah, dan (2) makna verba refleksif bahasa Jerman dalam roman Trӓume Wohnen Überall dan padanannya dalam bahasa Indonesia dalam roman Mimpi Selalu Indah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa satuan lingual yang mengandung verba refleksif bahasa Jerman dengan pronomina refleksif dalam roman Trӓume Wohnen Überall dan padanannya dalam bahasa Indonesia dalam roman Mimpi Selalu Indah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca-catat. Analisis data menggunakan metode padan translasional dan metode agih. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Untuk menentukan keabsahan data hasil penelitian digunakan pengecekan ulang oleh Expert Judgment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam roman Trӓume Wohnen Überall dan padanannya dalam bahasa Indonesia dalam roman Mimpi Selalu Indah ditinjau dari segi bentuk terdapat 3 macam verba refleksif bahasa Jerman yaitu: (1) verba refleksif sebenarnya sebanyak 110, (2) verba refleksif konstruksi sebanyak 250, (3) verba resiprokal sebanyak 13. Ditinjau dari segi makna padanan terdapat 5 macam makna padanan verba refleksif bahasa Jerman dalam bahasa Indonesia, yaitu: (1) verba refleksif dengan makna aktif, (2) verba refleksif dengan makna pasif, (3) verba refleksif dengan makna refleksif, (4) verba refleksif dengan makna resiprokal, dan (5) verba refleksif dengan makna zero.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: verba refleksif, roman traume wohnen uberall
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 02:53
Last Modified: 30 Jan 2019 02:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25393

Actions (login required)

View Item View Item