KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI SMAN 1 MINGGIR

Alfathoni, Ahmad Fiqqih (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI SMAN 1 MINGGIR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ahmad Fiqqih Alfathoni 08203241013.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan membaca bahasa Jerman peserta didik antara yang diajar dengan menggunakan metode CIRC dan tanpa menggunakan metode CIRC, dan (2) keefektifan metode CIRC dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman di SMAN 1 Minggir. Penelitian ini merupakan quasi exsperiment. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas (X) berupa pembelajaran menggunakan metode CIRC dan variabel terikat (Y) berupa kemampuan membaca bahasa Jerman peserta didik. Desain eksperimen menggunakan model Pretest-Posttest Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Minggir dengan populasi adalah seluruh peserta didik kelas XI. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Anggota sampel sebanyak 70 peserta didik, yaitu kelas eksperimen 35 peserta didik dan kelas kontrol 35 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengambil data adalah tes kemampuan membaca. Validitas instrumen terdiri atas validitas isi dan validitas konstruk. Validitas dihitung dengan rumus Product Moment Pearson. Hasilnya menunjukkan bahwa r-hitung (rxy = 0,504 – 0,702) lebih tinggi dari nilai r-tabel (0,334). Reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20. Hasilnya menunjukkan bahwa r-hitung (r = 0,931) lebih tinggi dari r-tabel. Analisis data menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung (2,140) lebih tinggi dari nilai t-tabel (1,6909) pada taraf signifikansi (α=0,05). Hal ini berarti: (1) Ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca bahasa Jerman peserta didik antara yang diajar menggunakan metode CIRC dan tanpa menggunakan metode CIRC, (2) Metode CIRC lebih efektif digunakan dalam pembelajaran membaca bahasa Jerman dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional, dan mean difference kelas eksperimen (22,8857) lebih tinggi daripada mean difference kelas kontrol (21,8286). Implikasi dari penelitian ini adalah metode CIRC perlu bisa digunakan dalam pembelajaran membaca di SMA untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jerman peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, metode cooperative integrated reading and composition (CIRC), membaca bahasa jerman, SMA negeri 1 minggir
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25379

Actions (login required)

View Item View Item