KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Aprianingsih, Vina (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Vina Aprianingsih 08203241030.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran kartu domino dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu penggunaan media pembelajaran kartu domino sebagai variabel bebas, dan kemampuan kosakata bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta sebanyak 228 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IA 3 yang berjumlah 33 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA 4 yang berjumlah 23 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes kosakata bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Uji validitas menggunakan validitas isi, validitas konstruk, dan validitas butir soal. Uji Reliabilitas menggunakan rumus Product Moment dan Split Half Method. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung sebesar 4,875 lebih besar daripada ttabel sebesar 2,000 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pembelajaran kosakata bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 21,42 lebih besar daripada nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 20,57. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 26,21 lebih besar daripada nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 22,96. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu domino efektif dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman. Bobot keefektifan ditunjukkan dengan nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,5 lebih besar daripada nilai gain kelas kontrol sebesar 0,2.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, media kartu domino, kosakata bahasa jerman, SMA negeri 5 yogyakarta
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 02:00
Last Modified: 21 Aug 2015 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25375

Actions (login required)

View Item View Item