KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN

Noftrina, Sekar Rani Pangga (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sekar Rani Pangga Noftrina 09203241016.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman antara yang diajar dengan menggunakan teknik Talking Stick dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional, (2) keefektifan penggunaan teknik Talking Stick dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test dan post-test control group design. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu teknik Talking Stick sebagai variabel bebas, dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman sebanyak 128 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XA (32 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XD (32 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan membaca bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Uji validitas dihitung dengan rumus Korelasi Product Moment. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dari 50 soal sebanyak 38 soal valid dan12 dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,920.Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung2,344 lebih besar dari ttabel 2,000 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 10,2%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 72,86 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 69,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik Talking Stick efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, teknik talking stick, membaca bahasa jerman, SMA negeri 1 ngemplak
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 01:47
Last Modified: 30 Jan 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25370

Actions (login required)

View Item View Item