PENGARUH MENGKAJI SUMBER IDE TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR BUSANA BAGI SISWA KELAS XII DI SMKN 3 KLATEN

Astried , Bramulia (2012) PENGARUH MENGKAJI SUMBER IDE TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR BUSANA BAGI SISWA KELAS XII DI SMKN 3 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Other (Chapter I)
PENGARUH MENGKAJI SUMBER IDE TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR BUSANA BAGI SISWA KELAS XII DI SMKN 3 KLATEN.PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kreativitas menggambar busana sebelum mengkaji sumber ide bagi siswa kelas XII di SMKN 3 Klaten, (2) kreativitas menggambar busana setelah mengkaji sumber ide bagi siswa kelas XII di SMKN 3 Klaten, (3) adanya pengaruh mengkaji sumber ide terhadap peningkatan kreativitas menggambar busana siswa kelas XII jurusan busana di SMKN 3 Klaten. Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Klaten. Jenis penelitian yana digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Tata Busana SMKN 3 Klaten dengan jumlah 98 siswa, dengan sampel secara purpossive dari 3 kelas sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja (pretest-posttest) berupa gambar desain busana, lembar observasi proses mengkaji dan lembar hasil kajian sumber ide. Validitas yang dipakai adalah validitas konstruk dengan meminta pendapat dari para ahli (Judgement Expert) dan sudah dinyatakan valid untuk digunakan. Reliabilitas yang digunakn adalah tes antar rater dengan untuk tes unjuk kerja = 0.893, lembar observasi = 0.876 dan lembar hasil kajian = 0.817 sehingga sudah dinyatakan reliabel untuk digunakan. Uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov dengan nilai 0.054 sebelum perlakuan dan nilai 0.072 sesudah perlakuan. Uji homogenitas menggunakan uji F dan diperoleh Fhitung sebesar 0.292. Analisis datanya menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kreativitas menggambar busana sebelum mengkaji sumber ide bagi siswa kelas XII di SMKN 3 Klaten sebesar 100% atau 31 siswa pada kategori tinggi dengan rentangan nilai 45 sampai 47 dan rerata 46.48, (2) kreativitas menggambar busana sesudah mengkaji sumber ide bagi siswa kelas XII di SMKN 3 Klaten sebesar 64.5% atau 20 siswa pada kategori sangat tinggi, 35.5% atau 11 siswa pada kategori tinggi dengan rentangan nilai 48 sampai 56 dan rerata 50.71, (3) ada pengaruh mengkaji sumber ide terhadap peningkatan kreativitas menggambar busana bagi siswa kelas XII di SMKN 3 Klaten, ditunjukkan dengan hasil uji t dengan thitung 10.207 > ttabel2.040 dan taraf signifikansi 5%, 64.5% siswa meningkat kreativitasnya, sehingga proses mengkaji sumber ide turut berpengaruh dalam meningkatkan kreativitas menggambar busana, khususnya pada materi pengembangan desain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2012 01:24
Last Modified: 29 Jan 2019 15:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2537

Actions (login required)

View Item View Item