KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA STICK FIGURE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 2 PURWOREJO

Jayanti, Sari Kusuma (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA STICK FIGURE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 2 PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sari Kusuma Jayanti 07203241014.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) signifikansi perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XII di SMA Negeri 2 Purworejo antara yang diajar dengan media stick figure dan yang diajar media konvensional, (2) keefektifan penggunaan media stick figure dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan jenis kuasi eksperimen, dengan desain pretest – posttest control group. Dalam penelitian ini, terdapat 2 variabel. Variabel bebas yaitu media stick figure dan variabel terikat yaitu ketrampilan berbicara bahasa Jerman. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII SMA Negeri 2 Purworejo yang berjumlah 193 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan random sampling, diperoleh dua kelas yakni kelas XII IPA 3 sebagai kelas eksperimen (33 peserta didik) dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol (32 peserta didik). Data penelitian diambil dengan menggunakan Tes berbicara. Validitas penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga thitung 3,830 dengan df sebesar 63dan p = 0,000 yang berarti signifikan. Apabila thitung dikonsultasikan dengan ttabel 1,998 dengan df sebesar 63 pada taraf sinifikansi α= 0,05 juga menunjukkan bahawa thitung lebih besar dari ttabel (3,830 > 1,998), dengan demikian ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XII di SMA Negeri 2 Purworejo antara yang diajar dengan media stick figure dan yang diajara dengan media konvensional. Rerata kelompok eksperimen 12,29 lebih besar dari rerata kelompok kontrol 11,41. Hal ini berarti penggunaan media stick figure dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman lebih efektif dari pada yang menggunakan media konvensional dengan bobot keefektifan sebesar 9,25%. Implikasi dari penelitian ini adalah media stick figure dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, media stick figure, berbicara bahasa jerman, SMA negeri 2 purworejo
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25369

Actions (login required)

View Item View Item