PERANAN BUSINESS CENTER DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 DEPOK

Fresty Nourmalinda Ferlanie, Fresty (2015) PERANAN BUSINESS CENTER DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 DEPOK. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan business center dalam menumbuhkan minat berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 93 siswa (seluruh populasi) untuk memperoleh data melalui angket. Kemudian Ketua Business Center, Guru Kewirausahaan, Wakil Kepala Sekolah bidang sarana dan prasarana, serta 3 Siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Depok yang ditentukan secara purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan pertimbangan tertentu untuk memperoleh data melalui wawancara. Selain itu, digunakan dokumentasi untuk melengkapi data angket dan wawancara. Uji validitas butir angket dilakukan dengan korelasi Product Moment. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Data kualitatif di analisis menggunakan model interaktif sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Peranan Business Center dalam menumbuhkan minat berwirausaha diukur dengan 6 aspek yaitu 1) percaya diri tergolong dalam kategori sedang (77,40%), 2) berorientasi pada hasil tergolong dalam kategori sedang (62,40%), 3) pengambilan resiko tergolong dalam kategori sedang (74,20%), 4) kepemimpinan tergolong dalam kategori sedang (62,40%), 5) keorisinilan tergolong dalam kategori sedang (76,30%), dan 6) berorientasi pada masa depan tergolong dalam kategori sedang (69,90%). Secara keseluruhan kecenderungan jawaban siswa mengenai peranan Business Center dalam menumbuhkan minat berwirausaha tergolong dalam kategori sedang (84,90%). Kata Kunci: Peranan Business Center, Minat Berwirausaha, Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:22
Last Modified: 30 Jan 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25366

Actions (login required)

View Item View Item