KONDISI SOSIAL MASYARAKAT JERMAN PADA MASA PERANG TIGA PULUH TAHUN DALAM DRAMA MUTTER COURAGE UND IHRE KINDER KARYA BERTOLT BRECHT: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

Herdiansyah, Muhammad Angga (2013) KONDISI SOSIAL MASYARAKAT JERMAN PADA MASA PERANG TIGA PULUH TAHUN DALAM DRAMA MUTTER COURAGE UND IHRE KINDER KARYA BERTOLT BRECHT: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Angga H 08203241027.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mendiskripsikan kondisi masyarakat Jerman pada masa Perang Tiga Puluh Tahun dalam drama Mutter Courage und ihre Kinder karya Bertolt Brecht. Sumber data pada penelitian ini adalah drama Mutter Courage und Ihre Kinder karya Bertolt Brecht dalam die Stücke von Bertolt Brecht in einem Band yang diterbitkan Suhrkamp Verlag pada tahun 1997. Penelitian ini dilakukan dengan teknik baca dan catat. Data yang diperoleh dari naskah drama diteliti dengan metode diskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh dengan validitas referensial. Reliabilitas yang digunakan peneliti adalah reliabilitas intrarater dan interrater. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Kondisi sosial masyarakat Jerman dalam drama Mutter Courage und Ihre Kinder antara lain: (1) Penindasan: Pelaku penindasan banyak dilakukan oleh jajaran tentara yang digambarkan melalui tokoh-tokoh der Feldhauptmann, der Fähnrich, der Feldwebel dan Soldaten. Sasaran penindasan adalah rakyat kecil dan yang paling sering mendapat penindasan yaitu Mutter Courage beserta tiga anaknya. Penindasan yang digambarkan berupa penindaan verbal,seperti hinaan dan ancaman, sampai bentuk penindasan fisik penganiayaan dan pembunuhan. (2) Kemiskinan: Karena perang rakyat kehilangan rumah, ternak dan harta benda mereka. Rakyat kelaparan dan mengalami kesulitan ekonomi. (3) Kekuasaan: Pada masa perang didominasi oleh kekuasaan militer yang merupakan panjang tangan dari pemerintah. Dengan kekuasaan yang dimiliki, tentara secara sewenang-wenang memaksakan keinginannya yang merugikan masyarakat kelas bawah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kondisi sosial masyarakat jerman, drama mutter courage und uhre kinder, kajian sosiologi sastra
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 01:26
Last Modified: 30 Jan 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25362

Actions (login required)

View Item View Item