KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENGAJARAN MENULIS BAHASA JERMAN DI MAN JEMBRANA NEGARA BALI

Sari, Mirza Gusnia Avian (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENGAJARAN MENULIS BAHASA JERMAN DI MAN JEMBRANA NEGARA BALI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mirza Gusnia Avian Sari 06203241002.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) signifikansi perbedaan keterampilan menulis bahasa Jerman antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan media audio visual dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional, dan (2) keefektifan penggunaan media audio visual pada pengajaran menulis bahasa Jerman di MAN Negara, Bali. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas (X) berupa media audio visual dan variabel terikat (Y) keterampilan menulis bahasa Jerman. Desain eksperimen menggunakan Pre-Posttest Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Negara, Bali. Populasi penelitian ini berjumlah 317 orang. Sampel diambil secara simple random sampling. Jumlah anggota sampel secara keseluruhan berjumlah 64 orang, yaitu kelas eksperimen 30 orang dan kelas kontrol 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan menulis bahasa Jerman. Validitas penelitian ini menggunakan validitas isi dan konstruk. Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung sebesar 3,655 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,000, dengan df = 62 pada taraf signifikansi 5% dan besar bobot keefektifannya adalah 6,8%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) ada perbedaan yang signifikan keterampilan menulis bahasa Jerman antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan media audio visual dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan media konvensional; (2) penggunaan media audio visual pada pengajaran menulis bahasa Jerman lebih efektif dari pada pembelajaran menggunakan media komvensional. Implikasi penelitian ini adalah penggunaan media audio visual pada pengajaran menulis bahasa Jerman dapat diterapkan pada pengajaran bahasa Jerman di MA karena terbukti efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, media audio visual, menulis bahasa jerman, MAN jembrana
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25361

Actions (login required)

View Item View Item