UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN KELAS XII IPA SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 MELALUI MEDIA AUDIO DAN AUDIOVISUAL

Fitriana, Milkha (2013) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN KELAS XII IPA SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 MELALUI MEDIA AUDIO DAN AUDIOVISUAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Milkha Fitriana 08203241039.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Jerman peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 7 Yogyakarta melalui media audio dan audiovisual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Strategi yang diterapkan ditentukan secara kolaboratif oleh guru, peneliti dan peserta didik. Adapun subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII IPA 4 SMA Negeri 7 Yogyakarta yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus pertama ditempuh dengan menggunakan media audio, sedangkan siklus kedua dengan media audio visual. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara, catatan lapangan, angket dan latihan soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio dan audiovisual memberikan perubahan positif sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dari meningkatnya hasil latihan menyimak. Berdasarkan grafik pada hasil refleksi masing-masing siklus terlihat bahwa kecenderungan nilai peserta didik meningkat. Peningkatan kualitas proses pembelajaran terlihat dari keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan perubahan persepsi peserta didik terhadap bahasa Jerman ke arah yang lebih baik. Nilai penguasaan menyimak peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 8 dan pada siklus II memiliki rata-rata 7.42. Tinggi rendahnya nilai dipengaruhi oleh tingkat kesulitan latihan, jenis latihan, tingkat pemahaman peserta didik, dll. Dengan demikian, keterampilan menyimak bahasa Jerman peserta didik kelas XII IPA telah mengalami peningkatan dilihat dari segi proses maupun hasil setelah diberi tindakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyimak, bahasa jerman, media audio, audiovisual, SMA negeri 7 yogyakarta
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25359

Actions (login required)

View Item View Item