EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE STATIONENLERNEN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO

Herjuno, Imanuel (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE STATIONENLERNEN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Imanuel Herjuno 08203244008.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode Stationenlernen dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pengasih yang berjumlah 85 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, yang dilakukan dengan lotre. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 4 (21 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 (22 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari skor pre-test dan post-test keterampilan menulis bahasa Jerman. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu penggunaan metode Stationenlernen sebagai variabel bebas dan pembelajaran menulis bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Dari perhitungan didapat nilai r hitung > r Tabel 0,444 . Dengan demikian instrumen dinyatakan valid. Koefisien realibilitas sebesar 0,876. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan t hitung (sebesar 2,373) lebih besar dari pada t tabel ( sebesar 2,021), pada taraf signifikansi α = 0,5. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan metode Stationenlernen dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional. Hasil post-test kedua kelompok menunjukkan bahwa rerata kelompok eksperimen sebesar 64,428 sedangkan kelompok kontrol sebesar 58,681 dan bobot keefektifan 9,8%. Implikasi dari penelitian ini adalah metode Stationenlernen dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Pembelajaran dengan menggunakan metode Stationenlernen lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, metode stationenlernen, menulis bahasa jerman, SMA negeri 1 pengasih
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25358

Actions (login required)

View Item View Item