KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK SPIDER MAP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA N 3 TEMANGGUNG

Muhammad, Hardi Sri (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK SPIDER MAP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA N 3 TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hardi Sri Muhammad 07203241029.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah prestasi keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Temanggung yang diajar dengan teknik Spider Map lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan teknik konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan menggunakan pre test dan post test control group. Penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu variabel bebas yakni penggunaan teknik Spider Map dan variabel terikat, yakni pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA N 3 Temanggung yang terdiri dari 5 kelas. Dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel penelitian yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPS 1 dengan jumlah 32 peserta didik sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 dengan jumlah sampel 33 peserta didik sebagai kelas eksperimen, sehingga jumlah sampel keseluruhan adalah 65 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan menulis bahasa Jerman. Uji validitas penelitian ini menggunakan uji validitas isi dan validitas konstruk. Uji reliabilitas dihitung dengan menggunakan pearson correlation product moment. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (th) sebesar 2,280 lebih besar daripada nilai ttabel (tt) sebesar 2,042 dengan df= 30 pada taraf signifikansi (α) 0,05. Hal ini menunjukkan maksud bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata akhir peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 12,3430 lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 11,7494. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 3 Temanggung yang diajar menggunakan teknik Spider Map lebih baik daripada yang diajar menggunakan teknik konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan teknik Spider Map dapat diterapkan pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, teknik spider map, menulis bahasa jerman, SMA N 3 temanggung
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 01:14
Last Modified: 30 Jan 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25357

Actions (login required)

View Item View Item