UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI BAHASA SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN MELALUI METODE RESITASI

Khairani, Diniza Nur Soraya (2013) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI BAHASA SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN MELALUI METODE RESITASI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Diniza Nur Soraya Khairani 04203241006.pdf

Download (194MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI Bahasa SMA N 1 Prambanan Klaten melalui metode resitasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang ditentukan secara kolaboratif oleh guru dan peneliti. Adapun subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Bahasa SMA N 1 Prambanan Klaten yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi dan refleksi. Siklus pertama ditempuh dengan memberikan tes kemampuan menulis berupa membalas surat, dan mengisi kalimat rumpang, sedanglan siklus kedua dilaksanakan dengan memodifikasi metode resitasi dan penambahan materi tata bahasa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara, angket, catatan lapangan dan latihan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode resitasi memberikan perubahan positif sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dari sikap peserta didik yang lebih bersemangat dan lebih aktif dalam belajar. Nilai latihan menulis siklus I rata-rata 72, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 75. Dengan demikian, keterampilan menulis peserta didik kelas XI Bahasa telah mengalami peningkatan setelah diberi tindakan berupa metode resitasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis bahasa jerman, metode resitasi, SMA N 1 prambanan klaten
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25348

Actions (login required)

View Item View Item