FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT IMPLEMENTASI PENERAPAN PEMBELAJARAN PENJASKES AKTIVITAS LUAR KELAS SD GUGUS 5 DAN 6 KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULONPROGO

SUTARYONO (2015) FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT IMPLEMENTASI PENERAPAN PEMBELAJARAN PENJASKES AKTIVITAS LUAR KELAS SD GUGUS 5 DAN 6 KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULONPROGO. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SUTARYONO_13604227093.pdf

Download (870kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari Pembelajaran aktivitas luar kelas yang dilakukan di SD Se-Gugus 5 dan 6 Kecamatan Samigaluh masih belum berjalan maksimal. Aktivitas luar kelas sendiri masuk dalam silabus akan tetapi pembelajaran tersebut belum sepenuhnya disampaikan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat implementasi penerapan pembelajaran penjas aktivitas luar kelas di SD se Gugus 5 dan 6 Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Responden dalam penelitian ini adalah 10 guru dan 30 siswa. Instrumen penelitian berupa angket yang berisi hambatan faktor internal dan faktor eksternal. Teknik pengumpulan data dengan cara survei dan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD se Gugus 5 dan 6 Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo adalah Keterbatasan guru dalam memahami aktivitas luar kelas menjadi penyebab utama ketergantungan guru pada alat dan fasilitas. Alat yang digunakan tidak harus berasal dari produksi pabrik namun dapat pula menggunakan peralatan yang diciptakan sendiri. Guru harus dapat memanfaatkan lingkungan dan alam sekitar untuk pembelajaran penjasorkes aktivitas luar kelas. .

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hambatan, aktivitas luar kelas, penjasorkes
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Aug 2015 00:20
Last Modified: 30 Jan 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25339

Actions (login required)

View Item View Item