PELAKSANAAN PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 NGEMPLAK

Ayu Saputri, Wardani (2015) PELAKSANAAN PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 NGEMPLAK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian otentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Ngemplak. Deskripsi pelaksanaan penilaian otentik meliputi deskripsi pelaksanaan penilaian otentik, model penilaian otentik yang digunakan, kendala yang didapat guru dalam pelaksanaan penilaian otentik, dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala pekasanaan penilaian otentik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross-sectional survey. Populasi dan sampel penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Ngemplak. Data diperoleh melalui wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Data-data tersebut dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif melalui empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua guru telah melaksanakan penilaian otentik dengan menggunakan berbagai macam model, yakni: penilaian kinerja, wawancara, penceritaan kembali teks atau cerita, portofolio, proyek, penilaian diri, dan penilaian sejawat. Hal tersebut ditunjukan melalui data kualitatif yang berupa fakta-fakta di lapangan. Namun, pelaksanaan penilaian otentik kurang maksimal. Guru masih mengalami kendala-kendala dalam pelaksanaan penilaian otentik. Kendalanya yaitu keterbatasan waktu dan peserta didik. Akan tetapi, guru berusaha melakukan usaha untuk mengatasi kendala- kendala tersebut. Para guru berusaha melakukan penilaian otentik dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 00:20
Last Modified: 30 Jan 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25335

Actions (login required)

View Item View Item