FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI SISWA KELAS ATAS SD NEGERI 2 SENON, KEC. KEMANGKON, PURBALINGGA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJAS

Fajar Setyoadi (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI SISWA KELAS ATAS SD NEGERI 2 SENON, KEC. KEMANGKON, PURBALINGGA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Fajar Setyoadi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan bahwa seringkali siswa kelas atasSD Negeri 2 Senon, Kec.Kemangkon, Purbalingga tidak mengikuti pembelajaran penjas yang dikarenakan berbagai alasan. Atas dasar permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa sajayang mempengaruhi motivasi siswa kelas atas SD Negeri 2 Senon, Kec.Kemangkon, Purbalingga dalam mengikuti pembelajaran penjas. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif yang menggunakanmetode survei yang ingin menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi motivasisiswa kelas atas SD Negeri 2 Senon, Kec.Kemangkon, Purbalingga dalam mengikuti pembelajaran penjas. Populasi yang sekaligus sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas atas SD Negeri 2 Senon, Kec.Kemangkon,Purbalingga yang berjumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket skala sikap yang terdiri dari 25 pertanyaan yang terbagi menjadi 16 pertanyaanuntuk faktor instrinsik dan 9 pertanyaan untuk faktor ekstrinsik. Tingkatreliabilitas instrumen 0,822 dan pengujian validitas melalui expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor intrinsik yang mempengaruhimotivasi siswa kelas atas SD Negeri 2 Senon, Kec. Kemangkon, Purbalinggadalam mengikuti pembelajaran penjas adalah sebesar 70%. Faktor ekstrinsik yang mempengaruhi motivasi siswa kelas atas SD Negeri 2 Senon, Kec. Kemangkon,Purbalingga dalam mengikuti pembelajaran penjas adalah sebesar 69%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pembelajaran Penjas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Aug 2015 00:20
Last Modified: 11 Mar 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25324

Actions (login required)

View Item View Item