UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR MERODA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DAN PERAGAAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI KLEGUNG 1 KECAMATAN TEMPEL

Heri Sudyantoro (2015) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR MERODA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DAN PERAGAAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI KLEGUNG 1 KECAMATAN TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Heri Sudyantoro_NIM. 13604227032.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah masih ada 12 siswa dari keseluruhan 28 siswa atau 42,86% kelas V SD Negeri Klegung 1 Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman belum menguasai gerakan meroda dengan benar sehingga belum sesuai nilai KKM 75. Tujuan penelitian untuk meningkatkan proses dan hasil gerak dasar meroda melalui pendekatan bermain dan peragaan pada siswa kelas V di SD Negeri Klegung 1 Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan keseluruhan 4 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Klegung 1 Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman sejumlah 28 siswa. Instrumen penelitian, yaitu: Pengamatan Kinerja Guru Dan Rubrik Penilaian Kemampuan Meroda. Data dalam penelitian ini berupa lembar observasi proses belajar mengajar dan penilaian hasil belajar yang di analisis secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan, yaitu: Hasil pengamatan kinerja guru telah berlangsung dengan sangat baik dan Hasil belajar siswa minimal sebanyak 75% dari total siswa tuntas (kategori baik dan sangat baik). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peningkatan proses pembelajaran guru yang signifikan selama adanya perlakuan dalam KBM di dua siklus dengan keseluruhan selama 4 kali proses tatap muka dengan menggunakan jadwal remidi pada semester II tahun ajaran 2014/2015, di dapat hasil telah sesuai dengan indikator keberhasilan, yaitu: Hasil pengamatan kinerja guru telah mendapatkan skor ≥ 31 dengan arti lain pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan “sangat baik”. (2) Perkembangan hasil belajar gerak dasar meroda siswa yang signifikan di siklus dua dibandingkan dengan hasil data kasus dan hasil belajar di siklus satu. Hasil belajar gerak dasar meroda di siklus dua telah sesuai dengan indikator keberhasilan, yaitu sebanyak 23 siswa atau sebesar 82,14% dari keseluruhan 28 siswa kelas V SD Negeri Klegung, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman masuk dalam kategori penilaian “baik” dan “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain dan peragaan dapat meningkatkan pembelajaran gerak dasar meroda siswa kelas V SD Negeri Klegung, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan, Gerak Dasar Meroda, Bermain, Peragaan, Siswa SD.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Aug 2015 00:20
Last Modified: 30 Jan 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25316

Actions (login required)

View Item View Item