PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI LITERATURE CIRCLES PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Sari, Winda Prastika (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI LITERATURE CIRCLES PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Winda Prastika Sari 09201241013.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan diskusi pada siswa kelas VIII E SMP negeri 15 Yogyakarta dengan menggunakan strategi Literature Circles. Peningkatan keterampilan berdiskusi siswa dapat dilihat secara proses dan produk dengan menerapkan strategi Literature Circles. Berdasarkan masalah yang ditemui, yaitu masih sulitnya kemampuan siswa untuk mengemukakan pendapatnya dan menemukan ide, serta masih rendahnya rasa percaya diri siswa untuk berbicara di depan audience. Penelitian ini akan membahas bagaimanakah peningkatan keterampilan berdiksusi secara proses dan secara produk dengan menggunakan strategi Literature Circles.Strategi Literature Circles (Lingkaran Sastra) ini dipilih untuk meningkatkan keterampilan berbicara terutama berdiskusi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 15 Yogyakarta. Strategi ini dapat mengatasi kesulitan siswa dalam mengungkapkan pendapatnya, membantu siswa untuk menemukan ide, dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa saat berbicara di depan audience. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E yang jumlahnya 34 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen dari setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data berupa tes berbicara, pengamatan, angket, wawancara, dan rekaman kegiatan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Teknik analisis data penelitian ini dilihat dari analisis data proses dan data produk. Validitas data yang digunakan adalah validitas demokratik, validitas hasil, validitas proses, dan validitas dialogis. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Literature Circles dalam pembelajaran diskusi di SMP Negeri 15 Yogyakarta dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk mengemukakan pendapatnya, menemukan ide, dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa. Peningkatan keterampilan diskusi siswa tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan dan antusias siswa ketika melakukan diskusi, sehingga dapat menciptakan suasana diskusi yang aktif dan merata kesempatan berbicaranya. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan hasil skor rata-rata kelas pada saat siklus 1 sebesar 6,91, kemudian skor rata-rata tersebut meningkat pada siklus 2 sebesar 20,02.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berdiskusi, literature circles, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 03:29
Last Modified: 30 Jan 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25310

Actions (login required)

View Item View Item