KEEFEKTIFAN FEATURE PERSONALITY PROFILE KORAN KOMPAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA 2 BANTUL

Ningsih, Wening Wahyu (2012) KEEFEKTIFAN FEATURE PERSONALITY PROFILE KORAN KOMPAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wening Wahyu Ningsih 08201241011.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media feature personality profile koran Kompas dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 2 Bantul, kabupaten Bantul. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA 2 Bantul yang diberi pembelajaran menggunakan media feature personality profile dan yang diberi pembelajaran menulis cerpen tanpa media apa pun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain pretest-posttest control group design. Variabel bebas penelitian ini adalah penggunaan media feature personality profile koran kompas. Variabel terikat penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA 2 Bantul. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Bantul, kabupaten Bantul. Penentuan sampel dengan tenik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas X6 sebagai kelas kontrol dan kelas X3 sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol terdiri dari 34 siswa dan kelas eksperimen terdiri dari 35 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest kemampuan menulis cerpen. Selain itu, digunakan pula teknik nontes yang berupa kuesioner. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan eksternal yang dihitung dengan menggunakan rumus product moment yang menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan reliabel, yaitu dengan diperolehnya r=0,842 untuk instrumen tes esai menulis cerpen dan r=0,877 untuk instrumen angket. Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji-t yang dilanjutkan dengan uji-scheffe. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis cerpen siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan media feature personality profile dan kemampuan menulis cerpen siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan media feature personality profile. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan hasi uji-t yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 17.0. Uji-t skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan thitung adalah 2,738 dengan db=67, dan nilai p=0,008 (p=0,008<0,050). Selain itu, hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media feature personality profile lebih efektif daripada pembelajaran yang tanpa menggunakan media feature persoality profile. Keefektifan penggunaan media feature personality profile dilihat dari hasil uji-scheffe yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 17.0 dari penghitungan uji-scheffe diperoleh (Fh)=4,887dengan db=132, dan nilai p=0,003 (p=0,003<0,050).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, feature personality profile, pembelajaran keterampilan menulis cerpen, SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 03:26
Last Modified: 30 Jan 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25309

Actions (login required)

View Item View Item