ANALISIS DISFEMIA PADA ANTOLOGI CERPEN KALI MATI KARYA JONI ARIADINATA DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK

Rifa’i, Syawaludin Nur (2012) ANALISIS DISFEMIA PADA ANTOLOGI CERPEN KALI MATI KARYA JONI ARIADINATA DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Syawaludin Nur Rifa'i 06201244051.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kebahasaan, nilai rasa, dan penerapan analisis disfemia yang terdapat pada Antologi Cerpen Kali Mati karya Joni Ariadinata dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK. Subjek dalam penelitian ini adalah kalimat yang mengandung disfemia pada Antologi Cerpen Kali Mati karya Joni Ariadinata, sedangkan objek penelitiannya adalah disfemia yang terdapat pada Antologi Cerpen Kali Mati karya Joni Ariadinata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah baca catat. Instrumen yang digunakan adalah human instrument, yaitu peneliti sendiri yang didukung dengan pengetahuan seperangkat kriteria kedisfemiaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik padan pragmatik, teknik ganti, dan teknik sisip. Teknik padan pragmatik digunakan untuk menganalisis nilai rasa yang diungkapkan oleh bentuk kebahasaan disfemia. Teknik ganti digunakan untuk mengetahui kesamaan kelas antara unsur pengganti dengan unsur terganti. Teknik sisip digunakan untuk menganalisis bentuk satuan gramatik disfemia. Keabsahan data diperoleh melalui intrarater dan interrater. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk kebahasaan disfemia yang ditemukan, yaitu berupa kata, frase, dan klausa. Kata yang ditemukan, yaitu kata asal dan kata jadian. Frase yang ditemukan, yaitu frase endosentris dan frase eksosentris. Frase endosentris terbagi menjadi dua, yaitu frase endosentris koordinatif dan frase endosentris atributif. Klausa yang ditemukan, yaitu klausa verbal. Kedua, nilai rasa disfemia yang ditemukan, yaitu menyeramkan, mengerikan, menakutkan, menjijikkan, menguatkan untuk menunjukkan kekasaran, menguatkan untuk menunjukkan usaha, dan menguatkan untuk menunjukkan kejengkelan. Ketiga, penerapan analisis disfemia dalam kegiatan belajar-mengajar di SMK sesuai dengan silabus untuk kelas XI/2 SMK, yaitu memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja. Hasil penerapannya antara lain, (1) siswa mampu memahami pengertian dan tujuan penggunaan disfemia, (2) siswa mampu mengidentifikasi bentuk kebahasaan disfemia, (3) siswa mampu mengidentifikasi nilai rasa disfemia, (4) siswa diharapkan mampu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis disfemia, antologi cerpen kali mati, pembelajaran bahasa indonesia
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 03:22
Last Modified: 30 Jan 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25308

Actions (login required)

View Item View Item