UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMENTASKAN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THEATER GAME PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMAN 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL

Silviani, Ria (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMENTASKAN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THEATER GAME PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMAN 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ria Silviani 08201241020.pdf

Download (71MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mementaskan drama dengan menggunakan metode theater game pada siswa kelas XI Bahasa SMAN 2 Wonosari Gunungkidul. Metode theater game merupakan metode yang mengemas materi pembelajaran keterampilan mementaskan drama dalam bentuk permainan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR) yang melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan selama dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Bahasa SMAN 2 Wonosari Gunungkidul. Penelitian difokuskan pada permasalahan meningkatkan keterampilan mementaskan drama dengan metode theater game. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, pengisian angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik untuk mencapai kredibilitas penelitian menggunakan validitas dan reliabilitas. Validitas yang digunakan terdiri dari validitas demokratik, validitas hasil, validitas proses, dan validitas dialogik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode theater game dalam pembelajaran drama dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan mementaskan drama pada siswa kelas XI Bahasa SMAN 2 Wonosari Gunungkidul. Jumlah skor rata-rata proses pembelajaran dari pratindakan hingga siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,97 atau dengan persentase sebesar 34,85%. Selain peningkatan pada proses pembelajaran, hasil pembelajaran drama berupa keterampilan siswa dalam mementaskan drama juga mengalami peningkatan. Jumlah skor rata-rata dari siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,34 atau dengan persentase sebesar 21,13%. Dengan demikian, penerapan metode theater game dalam pembelajaran drama di kelas XI Bahasa SMAN 2 Wonosari Gunungkidul dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran drama dengan peningkatan skor sebesar 6,97 atau 34,85%, dan keterampilan siswa dalam mementaskan drama dengan peningkatan skor sebesar 6,34 atau 21,13%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, mementaskan, drama, metode, theater game
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 03:12
Last Modified: 30 Jan 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25302

Actions (login required)

View Item View Item