KEEFEKTIFAN STRTEGI DIRECTED READING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MLATI

Kurniah, Niti (2013) KEEFEKTIFAN STRTEGI DIRECTED READING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MLATI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Niti Kurniah 09201244020.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi Directed Reading dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi Directed Reading, (2) menguji keefektifan strategi Directed Readingdalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen/eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati yang terdiri dari empat kelas. Penentuan sampel dengan teknik simple random sampling. Dari hasil pengundian diperoleh kelas VIII B sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitas isi dan butir. Validitas dan reliabilitas butir soal dihitung dengan bantuan komputer program Iteman. Berdasarkan hasil analisis, dinyatakan dari 80 butir soal, 62 butir soal dinyatakan layak dan 18 butir lainnya dinyatakan tidak layak (gugur), dan 50 butir soal digunakan untuk pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 20 menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji-t skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai thitung sebesar 4,344 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil uji-t skor pretest kelompok eksperimen dan skor posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 3,673 dan p sebesar 0,001 (p < 0,05). Simpulan penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi Directed Reading dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi Directed Reading; (2) strategi Directed Reading efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi directed reading, membaca pemahaman, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 03:09
Last Modified: 30 Jan 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25299

Actions (login required)

View Item View Item