KEEFEKTIFAN TEKNIK WARMING UP FOR READING (WFR) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BOBOTSARI PURBALINGGA

Sisprinanti, Nina (2013) KEEFEKTIFAN TEKNIK WARMING UP FOR READING (WFR) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BOBOTSARI PURBALINGGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nina Sisprinanti 08201244044.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa kelas VII SMP N 3 Bobotsari dan menguji keefektifan penggunaan teknik Warming Up For Reading (WFR) untuk pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP N 3 Bobotsari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMP N 3 Bobotsari. Penentuan sampel sekolah dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh sekolah SMP N 3 Bobotsari. Penentuan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling Random. Diperoleh sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan tes membaca pemahaman berdasarkan Taxonomi Ruddel. Validitas yang digunakan adalah validitas butir yang dibantu dengan program komputer iteman. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh (43 butir) soal valid dan soal yang digunakan (40 butir) valid. Reabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach yang diperoleh hasil 0,710. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum diadakan analisis data dengan teknik uji-t terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas sebaran data dan homogenitas varian. Hasil perhitungan data pretest dan posttest kedua kelompok normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji-t data pretest kemampuan membaca pemahaman kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diperoleh 1,046 dan sig 0,300 (sig 0,300>0,05). Hasil perhitungan tersebut menunjukkan kemampuan awal kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sama atau tidak ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok tersebut. Hasil uji-t pada posttest kemampuan membaca pemahaman kelompok eksperimen dan kontrol memperoleh 2,114 dan sig 0,039 (sig 0,039<0,05). Hasil perhitungan tersebut menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok yang diajar dengan menggunakan teknik Warming Up For Reading (WFR) dan tanpa teknik Warming Up For Reading (WFR). Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest tersebut menunjukkan bahwa teknik Warming Up For Reading (WFR) efektif digunakan untuk kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP N 3 Bobotsari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teknik Warming Up For Reading (WFR), Membaca Pemahaman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 03:05
Last Modified: 30 Jan 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25297

Actions (login required)

View Item View Item