KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SUKOHARJO

Susanti, Neng Dewi (2012) KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SUKOHARJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Neng Dwi Susanti 08201244023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan apresiasi puisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dan pembelajaran tanpa menggunakan media audiovisual dan (2) keefektifan media audiovisual dalam pembelajaran apresiasi puisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen control group pretest posttes design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa media audiovisual dan variabel terikat berupa kemampuan apresiasi puisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo dengan jumlah siswa keseluruhan 358 siswa. Teknik penyampelan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yaitu berupa tes pilihan ganda sebanyak 40 soal. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan menggunakan program iteman dan dikonsultasikan kepada ahlinya. Uji reliabilitas instrumen dengan melihat nilai alpha yang dikonsultasikan dengan koefisien uji reliabilitas. Hasil perhitungan menunjukkan besarnya nilai alpha instrumen pretes adalah 0,937 dan besarnya nilai alpha instrumen postes adalah 0,922. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil uji statistik dapat diperoleh nilai uji-t. Hasil penghitungan uji-t menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar dari ttabel (th:5,880 > tt:1,997) pada taraf signifikansi 5% dan db 70. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan apresiasi puisi yang signifikan antara kelompok yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dan kelompok yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan media audiovisual. Hasil penghitungan uji-t data pretes dan postes kelompok eksperimen menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar dari ttabel (th:10,381 > tt:2,027) pada taraf signifikansi 5% dan db 35. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran apresiasi puisi dengan menggunakan media audiovisual pada kelompok eksperimen lebih efektif daripada pembelajaran apresiasi puisi pada kelompok kontrol yang tidak menggunakan media audiovisual.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, media audiovisual, kemampuan apresiasi puisi, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25294

Actions (login required)

View Item View Item