MEDIA KARIKATUR SEBAGAI MEDIA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 MERTOYUDAN MAGELANG JAWA TENGAH

Ibrahim, Muhammad (2013) MEDIA KARIKATUR SEBAGAI MEDIA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 MERTOYUDAN MAGELANG JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Ibrahim 08201244012.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Mertoyudan dengan menggunakan media karikatur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflecting). Tindakan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data diperoleh melalui angket, catatan lapangan, dan lembar pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan pada siklus I belum memperoleh hasil yang optimal. Nilai rata-rata menulis naskah drama siswa pada tahap pratindakan adalah 68,27 , sedangkan nilai rata-rata yang dicapai siswa pada akhir siklus I adalah 72,51. Nilai tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil menulis naskah drama siswa tetapi belum sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75. Setelah tindakan siklus II, terjadi peningkatan dari segi hasil menulis naskah drama. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata yang dicapai siswa pada akhir siklus II yaitu 77,63. Selain itu, terjadi peningkatan dari segi keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dalam pembelajaran menulis naskah drama. Berdasarkan uraian di atas, selanjutnya dapat disimpulkan bahwa media karikatur dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan keaktifan siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Mertoyudan dalam menulis naskah drama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, naskah drama, karikatur, surat kabar Kompas, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:59
Last Modified: 30 Jan 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25292

Actions (login required)

View Item View Item