KEEFEKTIFAN STRATEGI DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY AND STUDENT QUESTION (DRTA+SQ) DALAM MEMBACA PEMAHAMAN NARASI SUGESTIF PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO

Akhsanul Hudha, Dwi (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY AND STUDENT QUESTION (DRTA+SQ) DALAM MEMBACA PEMAHAMAN NARASI SUGESTIF PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwi Akhsanull Hudha_11201244017_PBSI_FBS.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman narasi sugestif siswa kelas VII antara siswa yang menggunakan strategi DRTA+SQ dan yang tidak menggunakan strategi DRTA+SQ. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah strategi DRTA+SQ efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman narasi sugestif atau tidak. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Penentuan sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut didapatkan kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan VII B sebagai kelompok kontrol. Tes berupa pretest dan posttest. Soal dalam penelitian ini berupa soal essai. Pengujian reliabilitas dengan melihat indek alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai t hitung sebesar 7,172 dengan df 65 dan p sebesar 0,00 (p<0,05). Hasil analisis uji-t pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai t hitung sebesar 11,945 dengan df 33 dan p sebesar 0,00 (p<0,05). Skor rata-rata pretest kelompok kontrol sebesar 71,34 dan kelompok eksperimen sebesar 71,38. Skor rata-rata posttest kelompok kontrol sebesar 72,71 dan kelompok eksperimen sebesar 81,99. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman narasi sugestif antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi DRTA+SQ dan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa strategi DRTA+SQ. Strategi DRTA+SQ efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 21 Aug 2015 00:20
Last Modified: 30 Jan 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25287

Actions (login required)

View Item View Item